Facebook Twitter Google RSS

Cari Game

Advert

Pages

Slider

Bookmark

Follow this blog

Kamis, 10 Maret 2011

MENGENAL MOBILE OPERATING SYSTEM




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhm6NpoJeq6zWdOlJYj_ni8fD4Y5js8kKtnCLmv1RZdpmV6LzlLrwCcyD9Tygt0jXv46HIbcO7WogK5ZIKNE4gTCzOGrNBa3n1UVBkFzSbYeyalNKkjYW0njnGHNWT4WCEoilfZezEep_E/s1600/Mobile+OS.jpg


Assalamu'alaikum wr wb



Anda tahu tentang apa itu Mobile Operating System ? Apa saja jenisnya ? Pasti bagi Anda sudah ada yang mengetahuinya :-D, dan ada juga yang belum tahu. Untuk itu, sekarang saya akan jelaskan.

Mobile Operating System adalah Sistem operasi yang digunakan untuk ponsel, atau 'nyawanya' sebuah ponsel. Sebagai contoh, sebuah komputer memiliki Sistem Operasi (OS) yaitu Windows XP, Vista maupun 7. Ada juga OS untuk komputer selain windows yakni Mac Os, Linux dan masih banyak yang lain :-D. Nah itu OS untuk komputer, ? Untuk ponsel, saya akan jelaskan secara detail dan setahu saya ;-). Kesimpulannya bukan cuma komputer saja yang mempunyai OS, ponsel juga ada. Fungsi utamanya adalah mengelola kinerja hardware perangkat mobile serta mengelola aplikasi supaya dapat dijalankan pada perangkat mobile tersebut.
SEKEDAR INFO : Satu dekade yang lalu, OS Symbian (Yang digunakan oleh Nokia) mendominasi pasar mobile OS. Namun hingga kuartal ketiga tahun 2010, tercatat empat OS Ponsel yang bersaing untuk merebut pasar mobile phone di seluruh dunia, yaitu :

~ Symbian 37 %
~ Android 25 %
~ iOS 17 %
~ BlackBerry OS 15 %
~ Windows Mobile Phone 3 %


Sekarang saya akan membahas satu persatu ;-).


[1]. Symbian



Pada 1980, OS EPOC dikembangkan oleh David Potter di bawah bendera perusahaan Psion. OS itu merupakan OS yang dikhususkan untuk pengguna ponsel. Nama EPOC kemudian diubah menjadi Symbian dengan nama perusahaan Symbian, Ltd. Symbian, Ltd merupakan bentuk kerja sama antara perusahaan Ericsson (sekarang Sony Ericsson), Nokia, Motorola dan Psion.

Pada tahun 2000, Ericsson meluncurkan ponsel pertama berbasis Symbian yaitu tipe R380 dengan fitur layar sentuh monochrome 3.5", ROM 4 MB, RAM 2 MB, SMS/e-mail, port infrared, WAP, dan organizer. Gambar di bawah ini adalah Ericsson R380 :



Pada tahun yang sama (2000), Nokia juga merilis ponsel smartphone Symbian yaitu seri Communicator 9210.



Pada juni 2008, Nokia kembali membeli saham Symbian, Ltd (yang sebelumnya juga dimiliki oleh Samsung, Siemens, Sony Ericsson dan Panasonic) dan mengubah namanya menjadi Symbian Foundation
Melalui Symbian Foundation, sistem operasi Symbian diubah menjadi menjadi sistem operasi berbasis open source. Perubahan lainnya berkaitan dengan user interface. Awalnya, OS Symbian tidak mendukung adanya layer untuk interface (mengatur tampilan). Implementasi user interface dilakukan secara berbeda.

Beberapa interface dikembangkan untuk OS Symbian antara lain MOAP/Mobile Oriented Applications Platform (platform untuk mobile phone NTT DOCOMO, Jepang), Series 60 (gmbr layar n73), Series 80, 90 dan UIQ (yang digunakan kali pertama pada ponsel SE P990). Pada Maret 2009, Symbian Foundation berusaha menyatakan berbagai user interface yang ada menjadi user interface tunggal dengan platform S60.
Beberapa fitur OS Symbian antara lain sebagai berikut :

1. Secara umum, bahasa pemrograman yang digunakan adalah C++. Namun, bahasa pemrograman lain, seperti Phyton, VB, OPL, dan Perl, juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi.

2. OS Symbian berbasis event-driven, CPU di-nonaktifkan ketika aplikasi yang dijalankan tidak terhubung dengan event apa pun.

3. Aplikasi Symbian, seperti theme dan game merupakan file .sis yang dapat dengan mudah ditransfer dengan bluetooth.


Symbian juga mengeluarkan versi terbaru yaitu Symbian ^3. Ponsel Nokia pertama yang mencoba Symbian ^3 adalah Nokia N8. Nokia N8 mempunyai fitur yang sangat melimpah seperti kamera 12 MP, .etc. Harganya pun sekitar 5 juta.
Tidak hanya Nokia N8, Nokia C6-01 dan C7 yang menggunakan Symbian ^3.
Di bawah ini adalah beberapa ponsel ber-OS Symbian dengan berbagai versi :

Ponsel s60v2


Ponsel S60v3 pertama.
Ponsel S60v5

Ponsel Symbian^3



Ponsel Symbian dari SE.


Kesimpulan (menurut saya;-)) :

1. Keunggulan Ponsel berplatform Symbian baik S60v3 dan S60v5 bisa dimodif atau diubah tampilannya. Bisa diganti font dengan 1 aplikasi. Banyak aplikasi yang bagus. Tema ponselnya cool-cool.

Tapi keunggulan semua itu ada 1 syarat yang harus terpenuhi. Yaitu Ponsel Symbian Anda harus "dihack". Jika belum "dihack" biasanya jika dalam menginstal aplikasi muncul pesan "sertifikat kadaluarsa".
Untuk pertanyaan silahkan komentar :-).



[2]. Android




Tahun 2005 adalah tahun keemasan bagi Google karena pada tahun tersebut, situs google.com menjadi situs paling populer sejagad maya. Nilai saham Google yang terus meningkat membuat perusahaan itu memiliki sumber daya finansial yang melimpah untuk mengembangkan proyek selain situs mesin pencari. Karena itulah pada Juli 2005 Google membeli perusahaan kecil yang bernama Android, Inc.. Android, Inc. dibeli untuk mengembangkan OS berbasis Kernel Linux.

Android versi beta dirilis pertama pada Agustus 2008. Enam bulan kemudian, muncul versi 1.1. Smartphone pertama yang menggunakan Android sebagai OS-nya adalah HTC Dream atau T-Mobile G1

HTC Dream

Dua tahun kemudian, yaitu pada 2010, Google mendesain dan memasarkan dua smartphone berbasis Android, yaitu Nexus One (yang diproduksi oleh HTC) dan Nexus S (diproduksi oleh Samsung).

 
Nexus One

Hal menarik dari OS Android adalah ketersediaan aplikasi di Android Market. Di website tersebut, Anda dapat mendownload berbagai aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga.

Pada Desember 2010 tercatat lebih dari dua ratus ribu game, aplikasi, dan widget yang berada di Android Market. Minat user terhadap aplikasi-aplikasi tersebut pun sangat bagus, karena pada bulan yang sama, total downloadan mencapai 2,5 miliar ;-).
Versi terakhir yang di keluarkan sampai pada saat ini adalah Android v 2.3 Gingerbread, dan Android v 3.0 Honeycomb diperuntukan oleh Tablet PC.

Fitur-fitur OS Android :

- Layout untuk handset dapat dioperasikan pada berbagai display, VGA, serta grafik 2D dan grafik 3D dengan library OpenGL ES.

- Basis data yang digunakan adalah SQLite.


- Web browser yang tersedia adalah WebKit digabung dengan Javascript engìne Chrome V8.


- Dukungan format audio / video antara lain : WebM, MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB, AAC, MP3, MIDI, Ogg Vorbis, WAV.


- Android Market yang memungkinkan user mendownload aplikasi tanpa menggunakan PC.


- Pencarian berbasis suara.

Contoh Android v1.6 Donut

Samsung Transform Android v 2.1 Eclair


LG Optimus Black Android v 2.2 Froyo

Samsung Galaxy S II Android v 2.3 Gingerbread

LG Optimus Pad Android v 3.0 Honeycomb

[3]. iOS


iOS adalah OS untuk iPhone. iOS diliris pada bulan Juni 2007. Pada waktu itu, iOS belum memiliki nama resmi. Apple memasarkannya dengan iPhone dan menyebut bahwa iPhone dijalankan dengan sistem operasi "OS X" yang sedikit ambigu dengan sistem operasi Mac OS X. Namun, akhirnya nama iPhone OS muncul saat rilis iPhone SDK pada Maret 2008. Kemudian, namanya diubah menjadi iOS pada Juni 2010.
Konsep utama user interface pada iOS didasarkan pada manipulasi langsung dengan 'multitouch gestures' yang menjadi ciri khas iPhone. Selain itu, fitur multitasking pada iOS v4.2 unggul dalam menjalankan aplikasi/musik secara background tanpa menguras banyak baterai.

Pada iOS v 4.2, terdapat pemanfaatan fungsi nirkabel untuk hiburan atau efisiensi kerja dengan fitur AirPlay  dan AirPrint. Fitur AirPlay adalah fitur untuk menampilkan foto dan memainkan musik atau video ke seluruh ruangan di rumah secara nirkabel (pada Apple TV atau speaker). Sementara fitur AirPrint memungkinkan kita untuk mencetak berbagai dokumen dari iPhone ke printer yang mendukung koneksi nirkabel.

Pada iOS versi 4.2 juga di tambahkan fitur folder untuk mengatisipasi ikon aplikasi yang berlebihan pada homescreen. Anda dapat memiliki hingga 180 folder dengan 12 aplikasi di setiap folder. Dengan demikian, fitur itu membuat user semakin mudah dalam mengorganisasi aplikasinya.

Selain fitur-fitur tesebut, Apple juga sangat memperhatikan security dengan menambahkan fitur Security. Saat kehilangan iPhone (entah karena dicuri atau lupa meletakkannya), Anda dapat menggunakan fitur 'Fitur myiPhone' . Dengan fitur itu, lokasi iPhone dapat ditampilkan melalui situs 'me.com' (dengan terlebih dahulu register). Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengirimkan pesan, mengatur passcode, dan menghapus semua data (mengembalikan ke factory setting) secara remote dari website sehingga orang lain yang tidak berkepentingan tidak dapat mengakses/menggunakannya.

iPhone 3G, ponsel iOS pertama


iPhone 3GS

iPhone 3GS, ponsel lanjutan dari iPhone 3G dengan perbaikan fitur dari iPhone 3G. Misalnya kamera menjadi 3,2 MP yang sebelumnya iPhone 3G 2 MP.

iPhone 4

iPhone 4, iPhone terbaru yang dikeluarkan oleh Apple dengan fitur yang bagus, semisal kamera 5 MP. Harganya pun fantastis yaitu 7 juta.

Menurut Saya ;-) :


Di antara produk iPhone, yang saya rasakan adalah iPhone 3G. Memang bagus dan canggih, itulah kesan pertama yang saya rasakan ketika memegang iPhone 3G milik teman saya :-D. iPhone tersedia jutaan aplikasi di Apple Store. Anda bisa mendownloadnya lewat tools iTunes. Terkadang aplikasi yang berada di App Store itu hanya versi trial, jadi Anda harus membelinya.
Tersedia banyak Aplikasi iPhone di luar memang banyak, tapi tidak bisa diinstal ke iPhone. Supaya bisa iPhone anda harus "dijailbreak".
Seperti symbian, dijailbreak yaitu dihack.
Untuk soal jailbreak, silahkan koment aja ;-).



[4]. BlackBerry OS



OS BlackBerry dikhususkan untuk seri smartphone BlackBerry produksi Research In Motion (RIM). Smartphone tersebut diperlengkapi dengan trackwheell, trackball, trackpad. Platform BlackBerry dikenal sebagai platform terbaik untuk dukungan terhadap corporate e-mail melalui MIDP (Mobile Information Device Profile). Selain itu, platformnya memungkinkan sinkronisasi secara nirkabel dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, atau Novell Groupwise, baik untuk pesan e-mail, kalender, task, notes, maupun kontak.

Versi terakhir BlackBerry OS digunakan pada BlackBerry Torch 980 slide yang diliris pada Agustus 2010.

BlackBerry Torch 980

Versi itu juga tersedia pada BlackBerry Bold 9700 Onyx dan BlackBerry Pearl 3G.
Beberapa fitur yang menjadi keunggulan BlackBerry antara lain preview notifikasi (melihat cuplikan notifikasi tanpa membuka aplikasi), menu Context Sensitive (yang diaktifkan dengan menahan klik selama beberapa detik), web browser yang mendukung CSS dan HTML5, integrasi social feed, media player, dan multitouch (seperti halnya pada iPhone).


Dibawah ini adalah beberapa gambar ponsel BlackBerry

blackberry onyx

Blackberry Strom 2



[5]. Windows Phone 7



Windows Phone 7 adalah Mobile Operating System yang berasal dari Microsoft, dan penerus platform Windows Mobile. Diluncurkan di Eropa, Singapura, dan Australia pada tanggal 21 Oktober 2010. Di Amerika dan Kanada pada 8 November 2010, Meksiko pada 24 November 2010, dan Asia mengikuti pada tahun 2011.
Dengan Windows Phone 7, Microsoft antarmuka yang baru dengan bahasa desain yang bernama "Metro", mengintegrasikan sistem operasi pihak ketiga dan layanan Microsoft lainnya.

Windows Phone 7 adalah OS lanjutan dari Windows Mobile 6.5 Profesional. Windows Phone 7 mendukung 5 bahasa : Inggris, Jerman, Perancis, Italia dan Spanyol. Windows Marketplace adalah tempat pengguna Windows Phone untuk mengunduh Aplikasi dan game, seperti Android Marketnya OS Android.

Fitur-fitur WP 7 antara lain XBox Live, memungkinkan Anda bermain Xbox secara live melalui Internet. Pastinya menggunakan teknologi Capasitive Touch seperti iPhone, dan masih banyak yang lain.
Dari sekian banyak fitur-fitur tersebut, ada satu kekurangan yang sangat di sayangkan oleh pengguna Windows Mobile, yaitu fitur copy-paste ditiadakan. Ya, meskipun itu hal sepele, tapi sangat disayangkan, sekelas Microsoft tidak memfungsikan fitur Copy-paste. Mungkin pengin beda dari yang lain :-D.
Dan kabar yang mengejutkan lagi, kemarin-kemarin terdengar kabar bahwa Update pertama Windows Phone 7 malah menjadi mati total, bukannya memperbaiki masalah. Hal tersebut dialami pengguna Samsung Omnia 7, mengeluh karena semua data kontaknya hilang pada saat meng-update. Pihak Microsoft pun sudah mengetahui dan langsung mengambil tindakan. Paket update software tersebut akan ditarik dan Microsoft akan segera merilis versi yang lebih stabil.
Dalam rangka bersaing dengan platform lainnya seperti iOS dari Apple dan Android buatan Google, Microsoft berusaha menyediakan sistem update agar dapat meningkatkan kemampuan pengguna smartphone Windows Phone.


Di bawah ini adalah ponsel berplatform Windows Phone 7

HTC Arrive



HTC 7 Mozart

HTC 7 Trophy

LG Quantum


LG Optimus 7

Samsung Omnia 7


[6]. OS Bada



OS Bada adalah Mobile OS buatan Samsung. Bada merupakan OS Open Source. OS Bada dikhususkan bagi pengguna ponsel Samsung. OS Bada belum lama masuk pasaran. Tampaknya Samsung ingin bersaing ikut meramaikan pasar Smartphone di dunia. Menurut saya, interface dari OS Bada sangat mirip sekali sama Samsung ber-OS Android. Tidak jauh beda! Samsung pun ke depannya akan mengedepannkan Bada. Seperti Symbian, OS Bada bisa menjalankan aplikasi berplatform Java. Sekarang, kebanyakan ponsel berOS Bada buatan Samsung bertouchscreen.

Di bawah ini adalah beberapa Ponsel OS Bada

Samsung Wave 578
Samsung Wave II



[8]. MeeGo



Pasti Anda baru mendengar kata tersebut. Dan ada juga yang sudah tahu :-P. MeeGo adalah Mobile OS berbasis Linux (open source) yang dikembangkan oleh pembuat processor, Intel dan Nokia. Proyek ini pertama kali diumumkan di Mobile World Congress 2010 pada bulan Februari tahun lalu, system aplikasi ini akan menggabungkan platform Intel Moblin dan Nokia Maemo menjadi sistem operasi mobile baru.
Hasilnya terlihat pada Nokia N900.


Akhir - akhir ini terdengar kabar bahwa Nokia akan menghentikan proyek MeeGo, dikarenakan Nokia tertarik mengunakan Windows Phone 7 untuk ponsel smartphonenya.
Saya tidak tahu kabar itu benar atau tidak. Jika itu benar, Symbian ^3 mau di bawa kemana ?
Yang jelas kita tidak tahu pasti ;-).



Nah, Saya sudah menjelaskan tentang "Mengenal Mobile Operating System".
Berarti didunia ada 7 OS untuk ponsel smartphone. Saya tidak tahu ke depannya ada berapa ?

Dari wacana yang saya buat, bisa ditarik kesimpulan. (ini menurut Saya :-D)

1. Symbian merupakan smartphone yang paling murah diantara smartphone lain. Murahnya :-D, harganya ada yang 1 juta. Saya ambil contoh Nokia 6120 classic adalah S60v3 yang harganya 800ribu. Untuk S60v5, Nokia 5233 layak menjadi pilihan, dengan harga 1,2jta.
Murah kan :-D ? Di samping murah, bisa di modif lagi.




2. Android merupakan OS alternatif dari iOS. Kebanyakan ponsel Android adalah touchscreen. Jadi aplikasinya mirip kaya di iPhone. Menurut Saya, usahakan pilih ponsel Android yang 2.1 ke atas dan layar capasitive touch.
Kalau saya beli, HTC mungkin pilihan saya. HTC yang android v 2.2 Froyo




3. iOS merupakan yang paling mahal diantara smartphone yang lain. Di balik kemahalanya, tapi keunggulannya juga banyak.




4. BlackBerry merupakan smartphone yang saya kurang sukai. Saya juga heran terhadap masyarakat Indonesia yang demam BB. Apa keunggulannya gitu ?:-D
Heran !




5. WinPhone 7 adalah OS yang bagus dan agak mahal kaya iPhone. Diantara smartphone lain, mungkin WP 7 interface aslinya bagus dan banyak animasinya.




6. Bada merupakan OS yang mirip Samsung android.
Menurut saya, tidak jauh beda.




7. MeeGo bagus juga interfacenya.



Demikianlah, tentang Mobile Operating System. Mudahan Anda memahaminya.




SUMBER : Windra Swastika, Dosen Teknik Informatika.
Universitas Ma Chung, Malang.

PENTING : Saya mengetahui artikel tersebut dari beliau, dan saya memodifikasinya. Tidak seluruhnya mirip. Saya terinspirasi untuk di postingkan ke Mob3se7en karena artikelnya bagus.
Dan saya sudah memodifikasinya.
Terima kasih




[ PENTING ! ]

" Mob3se7en menggunakan progam adf.ly, jadi jika Anda mengeklik link download ataupun link arahan akan muncul situs adf.ly. Tunggu sekitar 4 detik, lalu klik Skip Ad ( yang berada di pojok kanan atas ) untuk melanjutkannya "

About Chuck


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Chuck →

2 komentar:

  1. Wah lengkap sekali ulasannya, btw ditunggu ulasan lengkapnya tentang android :)

    BalasHapus
  2. ohh begitu SonyEricsson ulasanya mana
    SymbianOS/9.4 itu gmn om?

    BalasHapus

Luangkanlah sejenak untuk berkomentar. Komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Silahkan beri kritik dan saran, demi kemajuan blog saya.
Terima kasih...

:) ;) B) :( :| :~ :@ :? x( :p :o :* :D Klik untuk melihat kode

Text Widget

About Us

© 2014 Mob3se7en™. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9